Cara Membuat Sosis Gurita yang Bikin Mood Naik

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat sosis gurita yang enak. Namun, tahukah kamu apa itu sosis gurita?? mari kita simak...

Bosan makan sosis dengan penyajian yang biasa-biasa aja? Yuk bikin kreasi sosis goreng yang enak dan bentuk unik agar anak-anak jadi semangat makannya. Salah satu kreasi olahan sosis yang saat ini lagi ngetrend adalah Sosis Cumi atau sosis gurita.

Dinamakan sosis cumi/gurita karena bentuknya mirip gurita dengan kepala, mata dan kaki banyak yang unik sehingga terlihat lucu. Sosis gurita bisa dijadikan bekal anak sekolah, lauk makan nasi, cemilan atau bahkan dijadikan ide bisnis.




Bahan : 
- Sosis
- Tepung serbaguna 100 gr
- Susu 50 gr
- Saus tomat 50 gr
- Minyak goreng

Cara membuat :
- Bentuk setengah badan sosis agar memiliki kaki (Lihat video diatas) . Sishkan.
- Campurkan Tepung serbaguna, susu, dan saus tomat ke dalam wadah dan aduk-aduk.
- Masukkan bagian atas sosis ke dalam campuran tepung , susu, dan saos (Menjadi kepala gurita).
- Goreng sosis di dalam minyak panas
- Jadi deh pasukan gurita sosis.

Manfaat Sosis Bagi Kesehatan:

a. Protein: berhubung komposisi dasar pembuatan sosis dari ikan, otomatis sosis mempunyai protein yang sangat baik bagi kesehatan. Selain berguna sebagai komponen pembangun, protein juga merupakan zat yang mengandung mineral yang ideal ke seluruh organ tubuh. Protein juga bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang sehat wajib mempunyai kandungan protein paling sedikit 13%, lemak setidaknya 25% dan karbohidrat paling banyak 8%. Bila batas minimal ini terpenuhi pada setiap sosis, barulah dapat dikatakan kalau sosis ialah makanan yang baik.
Hanya saja, karena komposisi lemak dan kolesterol sosis yang lumayan tinggi, hendaknya sosis jangan dijadikan sebagai menu rutin bagi anak-anak untuk mencegah resiko kegemukan dan berbagai penyakit yang menyertainya, di hari-hari kemudian.
Jika anak anda suka jajan sosis, hendaknya kita membeli produk sosis dengan komposisi lemak yang tidak terlampau besar (kurang dari 10%). Oleh karena itu, anda mesti jeli menelaah komposisi gizi pada kemasan.
b. Vitamin B12: salah satu nutrisi yang terkandung di setiap panganan yang berasal dari hewan. Vit. B12 ini tidak terdapat pada sayuran melainkan yang mengalami reaksi fermentasi saja, sama halnya dengan tempe atau sayuran yang sudah difermentasi. Vitamin B12 juga bermanfaat untuk menghidupkan sistem folat serta dibutuhkan saat metabolisme sel-sel. Selanjutnya dapat mempermudah kinerja saluran cerna, sumsum tulang, dan jaringan syaraf.
Sekian cara membuat sosis gurita ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif