Cara Menanak Nasi Yang Enak Dan Pulen

Nasi sudah menjadi konsumsi wajib bagi orang Indonesia. Menanak nasi juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bagi kamu pemula yang masih ragu untuk cara menanak nasi simak ulasan dibawah ini !

Nasi


Nasi merupakan beras yang telah direbus dan ditanak. Proses perebusan beras sering dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan beras diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Untuk pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Cara Menanak Nasi


1. Cara Menanak Nasi Secara Tradisional

  1. Langkah pertama siapkan panci yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dan dibuang gabah, batu-batu kecil, dan benda-benda yang tidak kita inginkan.
  3. Masukkan beras ke dalam panci lalu isi dengan air, ukurlah ketinggian air kira-kira satu buku/ruas jari telunjuk atau jari tengah dari batas atas beras sampai permukaan air (berapapun takaran beras yang ingin dimasak maka cara pengukuran airnya sama seperti itu).
  4. Letakkan panci yang sudah berisi beras dan air di atas kompor menyala dan diamkan selama 15-20 menit sampai air dalam panci kering.
  5. Jika air dalam panci sudah mengering (nasi sudah setengah matang) matikanlah apinya.
  6. Siapkan dandang atau langseng, yaitu panci yang di dalamnya terdapat saringan sebagai pembatas air dan nasi.
  7. Isilah dandang atau langseng dengan air sampai batas saringannya lalu letakkan di atas kompor yang menyala dan diamkan sampai airnya mendidih.
  8. Ambillah nasi (setengah matang) dari dalam panci lalu masukkan ke dalam dandang atau langseng yang airnya sudah mendidih. dan tunggu kira-kira setengah jam untuk mendapatkan nasi yang benar-benar matang.

2. Cara Menanak Nasi Dengan Rice Cooker

  1. Cuci beras dengan air besih 2 hingga 3 kali. Ini bertujuan agar nasi bersih dari beberapa kotoran dan bau apek.
  2. Setelah beras di cuci masukkan kedalam wadah rice cooker dan isi dengan air baru yang bersih hingga satu ruas telunjuk.
  3. Masukkan wadah kedalam rice cooker, jangan lupa colokkan kabel listrik dan gunakan mode memasak/cook agar nasi menjadi matang.
  4. Selanjutnya tinggalkan saja rice cookernya karena nasi akan masak secara otomatis bila langkah diatas dilakukan dengan benar. Bila masih bingung Anda dapat melihat video di bawah ini.

Tips Menanak Nasi

1. Pilih Beras Berkualitas Bagus

Di pasaran, ada begitu banyak jenis beras yang ditawarkan, dengan berbagai variasi harga juga.  Beras yang baik memiliki ciri yaitu warnanya yang bening dan bebas dari kotoran. Aromanya pun harum. Jika ditekan, beras yang baik tidak akan mudah patah.

2. Cuci Beras

Sebelum dimasak, beras harus dicuci terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar kotoran dan debu yang menempel pada beras ikut terbuang bersama dengan air. Meski begitu, usahakan untuk mencuci beras maksimal 2-3 kali saja. Mencuci beras terlalu sering hanya akan menghilangkan serat dan vitamin yang terkandung dalam beras.

3. Tambahkan Air Dengan Perbandingan 1:2

Jika anda takut nasi yang anda masak terlalu keras atau terlalu lembek, anda bisa coba membuat perbandingan 1:2. Contohnya jika ingin memasak beras satu gelas, maka air yang digunakan pun sebanyak 2 gelas. Anda juga bisa mengira-ngira jumlah air dengan memasukkan jari ke dalam panci beras yang telah diberisi air dan beras. Jika tinggi air sudah mencapai satu ruas jari di atas permukaan beras, artinya takarannya sudah pas.

4. Masak Beras Sampai Matang

Proses untuk memasak beras bisa dilakukan secara tradisional atau menggunakan rice cooker.

5. Memasak Secara Tradisional

Pertama-tama masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam panci, lalu rebus dengan air setinggi ½ ruas jari di atas permukaan beras. Agar bagian dasar panci tidak berkerak, sesekali aduk beras. Jika air sudah surut, pindahkan beras setengah matang tadi ke dalam kukusan. Kemudian kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai beras benar-benar matang.

6. Memasak Dengan Menggunakan Rice Cooker

Jika anda ingin lebih praktis saat memasak beras , solusinya anda bisa menggunakan rice cooker. Pertama masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam wadah/mangkok rice cooker, lalu beri air sesuai takaran. Kemudian nyalakan tombol mode masak dan biarkan hingga tombol beralih otomatis ke mode warm atau penghangat. Jika ingin hasil nasi lebih maksimal, setelah nasi matang diamkan dulu selama 5-10 menit sampai uapnya habis. Setelah itu anda bisa membuka tutup rice cooker dan mengaduk nasi dengan rata sebelum dihidangkan.

Itulah ulasan tentang cara menanak nasi yang enak dan pulen. Nasi juga bisa dijadika beberapa olahan seperti resep nasi liwet, resep nasi goreng, resep nasi goreng dan lain - lain. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif