Resep Rendang Hati Sapi Gurih Dan Enak

Bosan dengan rendang daging? Pengen hal yang baru? Simak resep rendang hati sapi dibawah ini!

Hati Sapi


Hati sapi merupakan bagian tubuh sapi yang berasal organ dalam sapi. Biasanya hati sapi dapat dibuat manjadi olahan makanan misalnya sambal goreng dan rempela ati goreng.

Resep Rendang Hati Sapi


Bahan Dasar : 


  • 5 siung Bawang Putih, Bumbu yang dihaluskan
  • 2 sdt Garam, Bumbu yang dihaluskan
  • 150 grams Cabe Merah, Bumbu yang dihaluskan
  • 8 grams Jahe, Cincang (Bumbu yang dihaluskan)
  • 12 siung Bawang Merah, Iris tipis
  • 5 lembar Daun Jeruk
  • 1500 mililiter Santan Kelapa, Ambil dari 2 butir kelapa yang diparut20 grams 
  • Lengkuas, Cincang (Bumbu yang dihaluskan)
  • 8 grams Kunyit, Cincang (Bumbu yang dihaluskan)
  • 100 grams Cabai Merah Keriting, Bumbu yang dihaluskan
  • 500 grams Hati Sapi, Potong dadu 3x3x3 cm
  • 2 buah Asam Gelugur

Cara Membuat Rendang Hati Sapi :


  1. Didihkan santan bersama daun kunyit, serai, daun jeruk, bawang merah iris, asam gelugur, dan bumbu halus di atas api kecil. Masak sambil terus diaduk hingga kuah kental dan berminyak.
  2. Masukkan hati sapi, masak hingga hati matang. Aduk terus hingga bumbu berwarna gelap dan pekat. Angkat.
  3. Sajikan bersama nasi hangat.

Manfaat Hati Sapi

1. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam sebuah study yang di lakukan oleh para peneliti dan diterbitkan pada jurnal Behavioural Brain Research & Nutritional Neuroscience mengemukakan bahwa dalam hati terdapat kandungan kolin yang dapat membantu meningkatkan memori otak dalam jangka panjang, atau dengan kata lain dapat meningkatkan daya ingat.

2. Mengurangi Risiko Kelainan Saraf

Dalam proses kehamilan, kebutuhan asam folat sang ibu meningkat, untuk itu sangat disarankan bagi ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, seperti halnya hati sapi, yang mana didalamnya terdapat kandungan asam folat tinggi, dimana nutrisi tersebut sangat penting dalam pencegahan terjadinya kecacatan pada janin, seperti cacat sumsum tulang belakang dan cacat pada otak.

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan sebuah momok penyakit yang begitu mengerikan, dikarenakan jika secara dini tidak melakukan pengobatan bisa berakibat fatal terhadap orang yang terserang penyakit tersebut. Tapi hal itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan, pasalnya kandungan selenium pada hati sapi ternyata dapat membantu melawan kerusakan sel dari radikal bebas untuk membentuk antioksidan dalam melawan sel – sel kanker.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Sama halnya dengan kanker, dalam mencegah penyakit jantung juga bisa dengan cara mengkonsumsi hati sapi. Dengan kandungan selenium pada hati sapi dapat meminimalisir seseorang terkena penyakit tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya manfaat wortel saja yang dapat menjaga kesehatan mata, namun manfaat hati sapi juga dapat melakukan hal demikian. Karena pada hati sapi sendiri didapati adanya kandungan vitamin A yang tinggi, yang sangat penting untuk mencegah degenerasi makula karena usia, katarak dan infeksi mata.

Ya itulah resep rendang hati sapi yang bisa kalian coba dirumah. Resep rendang sederhana ini juga tak kalah nikmat dengan rendang daging. Selamat Mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif