Resep Keripik Bawang Kriuk Kriuk

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep keripik bawang yang enak. Namun, tahukah kamu apa itu keripik bawang?? mari kita simak..


Dengan bahan yang sedikit, Anda dapat membuat kerupuk bawang yang cukup banyak. Kerupuk bawang sendiri dapat Anda jadikan camilan enak dan lezat ataupun untuk pendamping makan nasi Anda.
memiliki rasa gurih dan renyah, kerupuk bawang juga cocok untuk dinikmati bersama dengan kopi atau teh panas. Bagi Anda yang tertarik ingin membuat kerupuk bawang, Anda dapat menyimak uraian berikut.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuat kerupuk bawang, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat kerupuk bawang gurih dan renyah:



Bahan-bahan kerupuk bawang:
  • Tepung terigu 1 kg
  • Bawang putih 15 siung (haluskan)
  • Bawang merah 10 butir (haluskan)
  • Ketumbar bubuk 3 sendok teh
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 3 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Seledri 2 batang (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)
Cara membuat kerupuk bawang:
1. Siapkan wadah
Untuk membuat kerupuk bawang, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan wadah. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan agar proses pengulenan lebih mudah.
2. Masukkan semua bahan
Cara membuat kerupuk bawang selanjutnya yaitu masukkan semua bahan (kecuali minyak goreng dan daun pisang) ke dalam wadah yang telah Anda siapkan.
Untuk air sebaiknya tuang di belakang setelah semua bahan-bahan tercampur merata. Setelah itu barulah tuang air ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
Jika dirasa sudah cukup, hentikan menambah air lalu uleni adonan sampai terbentuk adonan yang kalis. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air lagi.
3. Bungkus adonan
Langkah berikutnya yaitu membungkus adonan layaknya membungkus lontong. Bentuk daun pisang memanjang lalu masukkan adonan ke dalamnya, setelah itu gunakan lidi untuk merekat kedua ujungnya.
4. Kukus adonan
Cara membuat kerupuk bawang berikutnya yaitu kukus adonan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Setelah dikukus, diamkan adonan sampai benar-benar dingin. Selanjutnya barulah Anda dapat memotong adonan tipis-tipis.
5. Jemur adonan
Jika sudah dipotong-potong, Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari sampai kering. Jemurlah sampai benar-benar kering agar kerupuk dapat mengembang secara sempurna.
6. Goreng kerupuk yang sudah kering
Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, kecilkan api lalu goreng kerupuk yang sudah dikeringkan sampai matang.
Sekian resep kerupuk bawang ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif