Resep Kue Lumpur yang Lumer

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep kue lumpur yang enak. Namun, tahukah kamu apa itu kue lumpur?? mari kita simak...

Sejarah mencatat sampai awal abad ke 20 yang lalu, kue lumpur satu ini memiliki memiliki warna kuning telur, berwarna bulat dengan beberapa tanda bakaran pada bagian sisinya. Kue satu ini sebenarnya berasal dari bangsa Tionghoa yang dibawa masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan dulu. Akan tetapi setelah diusut lebih dalam, ternyata kue lumpur berasal dari Lisbon Portugal. 

Di sana kue satu ini diberi nama dengan Pesteis de Nata atau pastel Natal. Seperti dikutip dari Kompasiana, kemunculan dari kue satu ini berawal ketika adanya Revolusi Pembebasan dari Inggris setelah jatuhnya Napoleon. Akibat dari Revolusi Pembebasan tersebut, perekonomian Portugal sangatlah kacau. Banyak sekali para biara-biara yang dibubarkan begitu saja karena tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Kemudian dengan ide dan kreativitas yang ada, para biarawan dan biarawati tersebut memutuskan untuk menjual sebuah kue di depan pabrik gula milik Yahudi.

Membahas tentang makanan tradisional khas nusantara memang tak ada habisnya. Mulai dari makanan ringan seperti jajanan hingga makanan berat yang kini banyak sekali jenis dan varian rasa, bentuk dan ukurannya. Salah satu makanan tradisional yang sering kita jumpai adalah kue lumpur. Kue ini tergolong kue basah atau jajanan pasar. Kue lumpur banyak kita jumpai di pasar, penjual jajanan pasar yang ada di pinggir jalan, toko roti, kedai, dan lain sebagainya. Biasanya kue ini di hidangkan sebagai snack, sebagi sajian saat acara tertentu, ataupun camilan untuk menemani waktu santai. 

Tak heran jika kue lumpur ini menjadi salah satu jajanan yang banyak dicari dan digemari, karena memiliki cita rasa yang enak, manis dengan tekstur kue yang lembut dan mampu membuat orang yang menikmatinya ketagihan. Kue lumpur ini berbahan dasar dari campuran tepung terigu dengan kentang dan diberi bahan pelengkap sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat. Kue lumpur pada umumnya berbentuk bulat dan diberi tambahan toping di atasnya berupa taburan kismis. Untuk toping yang digunakan tidak harus kismis, Anda dapat mengganti toping ini sesuai dengan selera Anda seperti parutan keju, meses, coklat, kacang almond, dan lain sebagainya. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba membuat kue lumpur di rumah? Bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpur sangat mudah kita jumpai dan cara pembuatannya pun tidak sulit untuk dipraktekkan.




Bahan-bahan:
500 g kentang
2 ltr air
175 g tepung terigu
175 g gula pasir putih
125 g mentega tawar
350 g santan
4 btr telur
Kismis hitam


Cara membuat:
Kupas dan rebus kentang sampai matang dan lunak. Angkat dan tiriskan, lembutkan. Dengan mixer elektronik, kocok kentang, gula, tepung, mentega yang sudah dilelehkan, santan, telur sampai adonan lembut. Panaskan wajan kue lumpur, oleskan dengan sedikit mentega.

Masukkan adonan sampai ¾ penuh, taburi dengan 2 atau 3 buah kismis. Tutup wajan, biarkan matang dengan api kecil. Setelah 15-20 menit, angkat. Hidangkan kue lumpur saat panas atau pun dingin

Sekian cara membuat kue lumpur ini, seoga cara ini bisa bermnfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif