Cara Membuat Selai Nanas

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat selai nanas dengan enak dan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu nanas?? mari kita simak...

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. mesin sealer plastik.

Cara Membuat Selai Nanas


Bahan yang diperlukan :


  • 1 buah nanas yang telah matang
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sendok makan air jeruk limau
  • 1/2 sendok teh kayu manis


Cara Membuat :


  1. Kupas buah nanas hingga bersih. Hilangkan seluruh mata dan bagian tengahnya karena keduanya tidak enak untuk dimakan.
  2. Setelah dikupas bersih potong kecil-kecil buah nanas yang telah dikupas tersebut. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih halus, Anda bisa memblender buah nanas yang telah dipotong tersebut.
  3. Masukkan potongan nanas ke dalam panci kemudian panaskan menggunakan api sedang.
  4. Masukkan gula pasir, air jeruk limau, dan kayu manis kemudian aduk hingga tercampur rata.
  5. Masak selai selama kurang lebih 30 menit hingga kandungan air dalam selai berkurang. Selama proses memasak selai harus selalu diaduk agar tidak gosong pada bagian bawahnya.
  6. Setelah air cukup berkurang dan tekstur selai menyerupai pasta angkat dari pemanas kemudian dinginkan hinggal seluruh uap panasnya hilang.
  7. Masukkan selai ke dalam toples kaca dan simpan dalam lemari es. Selai yang dibuat dengan baik biasanya mampu bertahan selama 3 bulan atau lebih tanpa bahan pengawet.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Mungkin Anda sudah mengetahui beberapa manfaat nanas untuk kebugaran, lebih lengkapnya berikut ini segudang khasiat buah nanas yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah kembung
Manfaat nanas bagi kesehatan yang pertama adalah mencegah kembung. Gejala perut kembung memang sering menjadi momok karena dianggap mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami perut kembung, Anda bisa mengonsumsi buah nanas. Buah yang memiliki duri ini dapat mengurangi perut kembung karena ada kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain adalah zat yang bisa membantu memecah makanan sehingga mampu mengurangi kembung pada perut.

2. Mencegah kanker
Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami penyakit kanker. Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mencegah penyakit mematikan ini, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan pencegah kanker. Makanan apa yang bisa mencegah kanker?

Khasiat nanas bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid.

3. Menjaga kesehatan tulang
Khasiat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Khasiat buah nanas bisa didapatkan tubuh berkat kandungan mineral-mineral penting seperti kalsium dan mangan. Kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat, sedangkan mangan berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

4. Mencegah penggumpalan darah
Khasiat nanas juga dapat mencegah penggumpalan darah, karena buah ini memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan zat ini maka bisa menyebabkan anemia, penurunan kadar sel darah putih, masalah tiroid, dan osteoporosis.

Sekain cara membuat selai nanas ini, semoga cara ini bisa bermanfat bagi kalian semua. dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif