Cara Tanam Bawang

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara tanam bawang dengan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu bawang?? mari kita simak...

Menurut Rhyme inggris yang lama, ketebalan kulit bawang dapat membantu untuk memprediksi apa? Keadaan musim dingin. jadi jika Kulit bawang tipis berarti musim dingin gampang berkunjung, namun jika kulit bawang tidak tipis mengindikasikan musim dingin yang akan datang kasar.

New york city dikenal sebagai big apple. Sebelum mendapat julukan itu, nama itu dikenal dengan julukan yang berbeda. Apa itu?  Menurut buku * 1.000 tempat untuk diamati sebelum anda mati oleh patricia schultz, kota new york disebut sebagai bawang besar karena itu adalah tempat anda mampu mengupas lapisan demi lapisan tanpa sampai mecapai titik temu. *

Dalam cerita terkenal apa tujuh maut yang terancam dipengg4l kep4lanya karena membawa akar tulip berasal dari pada ayam bukan bawang ? Alice's adventures in wonderland oleh lewis carroll.  Bawang goreng terkemuka. mesin pengupas bawang.


Cara menanam bawang daun dalam pot atau polybag tidak jauh berbeda dengan budidaya di lahan terbuka. Jenis benih yang ditanam dan pupuk yang diperlukan relatif sama. Hanya saja jenis media tanamnya berbeda sehingga memerlukan perlakuan khusus.

Menyiapkan benih
Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat dua jenis bawang daun yakni Allium fistulosum atau bawang daun bakung dan Allium porum bawang daun prei. Saat ini juga yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis bawang daun bakung.

Bawang daun bisa juga diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Perbanyakan generatif adalah perbanyakan bibit tanaman melalui biji atau benih. Sedangkan perbanyakan vegetatif ini adalah perbanyakan tanaman dengan cara memecah anakan dari rumpun utama.

Menyiapkan media tanam
Media tanam pot atau polybag bisa untuk menanam bawang daun sama dengan menanam jenis sayuran lainnya. Pada dasarnya media tanam tersebut harus lebih bersifat poros, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik. Tingkat keasaman tanah ini yang untuk menanam bawang daun berkisar pH 6,5-7,5.

Media tanam pot atau polybag ini terdiri dari tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1, atau tanah dan pupu kandang dengan perbandingan 2:1. Untuk mengetahui lebih detail lagi silahkan baca kembali artikel tentang cara membuat media tanam sayuran.

Cara menanam bawang daun
Untuk cara menanam bawang daun ini secara organik, bibit langsung ditanam. Sedangkan untuk cara non-organik bibit ini juga bisa direndam dahulu dalam larutan fungisida sebelum ditanam. Perendaman dilakukan ini pada dosis rendah, 30-50% dari dosis anjuran selama 10-15 menit. Fungsinya untuk menghindari serangan jamur pada akar.

Buat lubang tanam ini pada pot atau polybag yang telah disiapkan. Dalam lubang tanam sekitar 10 cm. Masukan bibit tanaman, satu wadah untuk satu tanaman. Posisi tanaman tegak berdiri. Kemudian tutup dengan media tanam hingga kuat mencengkeram. Siram bibit tersebut agar tetap lembab

Penyiraman dan pemupukan
Penyiraman pada awal pertumbuhan sebaiknya dilakukan setiap hari. Dalam tanaman ini hendaknya tanah atau media tanam jangan terlalu basah atau becek, air tergenang, karena bisa menyebabkan busuk akar.

Selanjutnya, penyiraman ini bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali, atau tergantung kondisi cuaca dan keadaaan media tanam. Waktu penyiraman yang paling baik, adalah pagi sebelum jam 9.00 atau sore hari setelah pukul 17.00

Pemanenan
Bawang daun ini bisa dipanen setelah berumur 2,5 bulan sejak bibit ditanam, 5 bulan dari biji mulai disemai. Ciri-ciri bawang daun siap panen ini adalah jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning. Panen sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari.

Namun untuk keperluan harian ini tidak perlu menunggu hingga tanaman bawang daun siap panen. Tanaman yang telah berumpun banyak ini bisa diambil sebagian kapan saja. Dan sisanya dibiarkan tumbuh.

Sekian cara menanam bawang ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif