Cara Perawatan Kelapa Sawit

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara perawatan kelapa sawit dengan baik dan banar. Namun, tahukah kamu apa itu kelapa sawit?? mari kita simak...

Di dunia terdapat industri yang penghasil minyak nabati terbesar yaitu kelapa sawit. Selain itu juga dapat menghasilkan minyak nabati, dan kelapa sawit dan juga dapat menghasilkan berbagai minyak industri dan lainnya seperti juga minyak masak dan bahan bakar biodesel. Kelapa sawit ini merupakan tanaman yang ini juga banyak ditemukan di daerah Kalimantan, Sumatra, Papua, Aceh dan Jawa.

Meskipun kelapa sawit ini juga dapat tumbuh dengan subur di Indonesia, ternyata kelapa sawit ini juga bukanlah tanaman asli Indonesia, kelapa sawit ini masuk ke Indonsia pada saat terjadinya revolusi industri yang ini juga dilakukan oleh belanda pada tahun 1848, meskipun begitu kelapa sawit ini asli didatangkan dari afrika lalu ditanam di Kebun Raya Bogor, sehingga pada tahun 1870-an mulai dilakukan budidaya di daerah Deli. Sebagai bahasan yang lebih lanjut pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian kelapa sawit, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara budidayanya.

Kelapa sawit ini berasal dari famili poaceae dengan nama latin Elaeis guineensis yang berasal dari afrika barat. Kelapa sawit ini merupakan salah satu tanaman primadona karena dapat menjadi penghasil minyak CPO (Crude Palm Oil) dan sebagai penyumbang devisa Negara.

Pada buah kelapa sawit terdapat CPO (Crude Palm Oil) yang juga dapat menghasilkan minyak inti, yang dimana minyak inti inilah yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan yang membudidayakannya. Selain itu juga dapat menyumbangkan devisa yang terbesar bagi Indonesia juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Karena kontribusi yang diberikan cukup besar maka semakin besar pula intensitas produksi sehingga areal lahan perkebunan selain kelapa sawit dialihfungsikan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Hal - hal yang juga perlu diperhatikan dalam perawatan kebun kelapa sawit adalah :
a. Biaya
Dalam perawatan sebaiknya ini di cari cara agar biaya yang dihasilkan kecil tetapi hasil perawatan maksimal.

b. Cara perawatan
Pada daerah tertentu ini harus dilakukan perawatan yang berbeda seperti di daerah gambut dibutuhkan unsur hara mikro seperti cu dan fe dan juga harus dibuat drainase yang baik sedangkan di daerah mineral dan juga rata hal ini mungkin tidak di perlukan.

c. Adopsi tehnologi
Peralatan pertanian ini selalu mengalami kemajuan dari manual ke mekanis dan biasanya mekanis akan meningkatkan produktifitas sehingga biaya akan lebih murah. Jadi selalu harus di cari dengan jenis tehnologi terbaru yang sesuai karena beberapa tehnologi pertanian yang terbaru tidak cocok di pakai dalam perkebunan kelapa sawit.

Adapun kegiatan pemeliharaan atau perawatan tanaman kelapa sawit ini adalah :

1. Pengendalian gulma
Gulma yang harus di kendalikan dalam perkebunan kelapa sawit ini adalah gulma kelas A seperti lalang, bambu, pisang, anak kayu, senduduk dan lain - lain. Cara pengendalian gulma kelapa sawit dapat anda baca selengkapnya di http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/08/pengendalian-gulma-pada-kelapa-sawit.html

2. Pemupukan
Pupuk yang dibutuhkan kelapa sawit adalah Urea/ZA, MOP/KCl, Dolomit/Kieserite, RP/TSP/SP-36 dan Borate serta Cuprum dan Ferrit. Selengkapnya dapat anda baca di http://konsultasisawit.blogspot.com/2011/08/konsep-pemupukan-kelapa-sawit-terbaik.html

3. Tunas
Dalam penunasan hal ini yang harus di perhatikan adalah jumlah pelepah.
a. Tanaman kelapa sawit ini berumur < 9 tahun tunasan harus songgo 3
b. Dan tanaman kelapa sawit berumur  9 - 15 tahun tunasan songgo 2
c. Tanaman kelapa sawit ini berumur  > 15 tahun tunasan songgo 1

4. Hama dan Penyakit
Ada juga banyak hama dan pekait kelapa sawit terutama adalah hama pemakan daun yang sangat memerlukan perhatian yang serius. Selengkapnya banca di http://konsultasisawit.blogspot.com/2012/02/pengendalian-hama-kelapa-sawit-terpadu.html

5. Cara Panen
Panen yang salah ini menyebabkan tanaman menjadi stress sehingga kegiatan panen saya masukkan kedalam perawatan kelapa sawit.

Sekian cara perawatan kelapa sawit ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif