Cara Membuat Kue Jahe yang Mantul

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat kue jahe. Namun, tahukah kamu apa itu kue jahe?? mari kita simak...

Menyambut Natal, paling enak jika rumah juga dilengkapi dengan berbagai pilihan kue kering di ruang tamu. Kamu gak harus beli kok, lebih spesial dan murah jika bisa buat sendiri. Salah saat kue yang khas dengan Natal adalah kue jahe. Cara buatnya gak susah kok, ini resepnya.




Bahan:
  • 300 gr tepung terigu
  • 170 gr margarin
  • 100 gr gula palem
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 3 sdt jahe bubuk (bisa diganti 2 sdt jahe parut segar)
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt cengkeh bubuk
Cara membuat:
  1. Panaskan dulu oven suhu 175 derajat Celcius.
  2. Campur tepung terigu dengan kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, jahe bubuk, baking powder dan garam hingga tercampur rata. Saring untuk memisahkan dari yang menggumpal. Jika menggunakan jahe parut, masukkan dan campur setelah tepung disaring.
  3. Di wadah terpisah, kocok margarin dengan gula hingga berubah putih dan lembut. Kemudian masukkan telur, kocok hingga tercampur rata. Tambahkan air dan aduk rata.
  4. Masukkan tepung terigu dan campur rata hingga jadi adonan kue. 
  5. Ambil adonan, gulung dengan roll roti, cetak dengan cetakan sesuai selera atau bisa juga dengan cetakan kue jahe.
  6. Siapkan loyang, alasi dengan kertas kue, letakkan kue jahe pada loyang.
  7. Panggang selama kurang lebih 10 menit, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Baru bisa disimpan di wadah toples.
Manfaat Kue Jahe bagi Kesehatan:

1. Mengurangi mual

Manfaat jahe dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

2. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Sekian cara membuat kue jahe ini, semoga cara ini bisa bermnfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimaksih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif