Cara Membuat Roti Burger Yang Mudah Untuk Dicoba

Salah satu komponen membuat burger adalah roti burger. Yuk baca cara membuat roti burger biar kita bisa coba bikin dirumah sendiri!

Roti Burger 


Roti burger adalah roti ini biasanya dihidangkan untuk sarapan dan makan siang. Biasanya roti burger berbentuk lapisan roti tebal bundar yang dibelah dua. Lalu untuk membuat burger kemudian dibubuhkan berbagai varian saus antara lain saus mayonaise, selada, keju dan daging segar.

Beberapa tahun belakangan ini, roti burger juga popular di seluruh penjuru Indonesia, tak aneh bila dari hari ke hari outlet roti burger semakin berdiri di tanah air. Penggemar makanan ini senantiasa bertambah terutama di lingkungan generasi muda. Oleh karena itu, peluang usaha burger dapat menjadi pilihan usaha yang menggiurkan.

Cara Membuat Roti Burger

Bahan - Bahan :

  • 200 ml s/d 250 ml air hangat
  • 2 sendok makan mentega atau margarine
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 390 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 55 gram gula pasir
  • 1 1/4 sendok teh garam halus
  • Ragi instant 1 sendok makan , pastikan fresh dan cek masa pakainya 
  • Wijen putih secukupnya untuk taburan

Cara Membuat Roti Burger :

  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instant, aduk rata. Tambahkan garam, aduk rata. Buat sumur di tengah tepung, masukkan air hangat aduk rata tepung menggunakan jari-jari tangan hingga air tercampur, tambahkan telur kocok. 
  2. Uleni adonan hingga tercampur rata dan menggumpal. Tambahkan air sedikit jika terasa terlalu kering. Pindahkan adonan ke permukaan meja yang ditaburi tepung, uleni adonan hingga kalis, tandanya adonan tidak lengket di tangan dan terasa elastis dan lembut. Jika adonan terlalu lengket, celupkan tangan anda di tepung terigu dan terus uleni adonan hingga kalis. 
  3. Tambahkan mentega, uleni kembali adonan hingga mentega tercampur baik dengan adonan, jangan panik jika adonan terasa lembek karena mentega belum tercampur dengan baik. Terus uleni adonan, hingga adonan menjadi lembut karena mentega telah merata. Jika anda akan menambahkan tepung karena adonan yang lengket, jangan tambahkan berlebihan, lakukan hanya dengan mencelupkan tangan ke dalam tepung. Adonan yang ditambahkan mentega akan terasa lebih lembut, lentur dan elastis.
  4. Kemudian bulatkan adonan menjadi bola yang smooth, letakkan di mangkuk bekas menguleni adonan. Olesi dasar mangkuk dengan mentega agar tidak lengket. Tutuplah mangkuk dan istirahatkan adonan hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Kira-kira 1 jam-an. 
  5. Catatan: Waktu mengembang adonan untuk tidak bisa dijadikan patokan, adonan roti dikatakan telah mengembang maksimal karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti suhu, bagaimana cara menguleninya, jenis ragi yang digunakan. 
  6. Jika sudah mengembang, kempiskan adonan lalu buat menjadi  8 atau 9 bagian. Paling mudah dengan memanjangkan adonan, kemudian potong-potong menjadi 9 bagian. Berat masing-masing sekitar 90 gram. Bulatkan adonan tadi dengan cara menggelindingkannya di permukaan meja bertepung menggunakan telapak tangan. Kemudian pipihkan menjadi piringan dengan diameter selebar + 8 cm. 
  7. Tata adonan di atas loyang yang dialasi dengan kertas roti, beri jarak antar adonan karena roti akan mengembang. Tutup permukaannya dengan kain bersih dan istirahatkan hingga roti mengembang dua kali lipat. Jika telah roti telah mengembang, olesi permukaan roti dengan mentega, ini dilakukan jika anda tidak ingin menaburkan wijen pada permukaanya. Atau oleskan dengan putih telur jika akan ditaburi dengan wijen. 
  8. Nah, sambil menunggu roti beristirahat, panaskan oven, set disuhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. 
  9. Panggang roti selama 15 - 20 menit, jika permukaannya mulai terlihat coklat keemasan, segera keluarkan dari oven dan dinginkan di rak kawat. Olesi sekali lagi dengan mentega untuk menghasilkan permukaan roti yang terlihat lembut dan shiny, ini dilakukan pada roti yang tidak ditaburi wijen. Simpan roti dalam plastik tertutup rapat hal ini bertujuan agar terjaga kesegarannya. Roti siap digunakan.
Selain mengetahui cara membuat roti burger, kamu juga perlu mengetahui cara membuat daging burger agar nikmat saat menikmati burger. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif