AC Indoor Netes Air

AC bocor air atau AC netes air merupakan hal yang paling sering terjadi pada AC dan sering di keluhkan karena sangat mengganggu kenyamanan apalagi jika AC bocor air di atas tempat tidur atau di atas perkakas rumah tangga. Bahkan ada yang sampai meletakkan ember untuk menampung tetesan air tersebut.
Terdapat sejumlah kemungkinan penyebab AC bocor. Pertama adalah saluran pembuangan AC mampat sehingga airnya tidak bisa mengalir dengan lancar.
Sehingga yang terjadi air akan meluap pada bak penampungan dan air pun akan menetes ke luar. Cara mengatasi AC bocor yakni carilah penyebab mampat serta bersihkanlah saluran tersebut.
Penyebab AC bocor yang lainnya adalah bagian pompa drain yang ada pada AC tak bisa berfungsi dengan baik.
Cara mengatasi AC bocor karena hal ini adalah menghubungi teknisi atau pun pusat pelayanan AC yang Agan miliki. Penyebab AC bocor pun bisa dikarenakan saluran pembuangan air AC yang kurang rapat.
Jika Anda memiliki masalah pada AC sebaiknya Anda segera bawa ke jasa sevice AC. Sudah terjamin bisa membantu kembali AC tersebut menjadi dingin kemballi.
Penyebab AC Bocor Air
Kebocoran air pada unit indoor AC sering terjadi akibat tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan akibat debu maupun kotoran yang melekat di dalam unit indoor.
Seharusnya air tetesan di dalam unit akan terbuang keluar melalui saluran pembuangan. Namun jika saluran pembuangan penuh akibat kotoran yang mengendap di dalamnya maka otomatis pembuangan air terhambat, sehingga air tersebut menetes melalui unit indoor.
Talang Belakang Mampet
Atasi AC Bocor atau AC netes air dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Hal ini agak sulit dilakukan karena harus menurunkan unit indoor.
Pipa sambungan di unit indoor perlu dilepaskan terlebih dahulu agar unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasi. Turunkan indoor ke bawah. Selanjutnya semprot talang pembuangan air sampai seluruh kotoran keluar.
Kondensasi Pipa
AC Bocor atau AC netes air akibat proses alami di pipa. Istilahnya “AC mengalami Kondensasi”. Ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu di luar.
Pada umumnya kondensasi sering terjadi pada AC yang sudah lebih dari 5 tahun dikarenakan pembungkus pipa (Armaflex) sudah kurang bagus.
Atasi AC Bocor akibat kondensasi dengan penggantian pembungkus pipa (armaflex) yang baru. Pemasangan armaflex harus dilakukan dengan baik dan benar dan hindari celah.
Kemiringan Instalasi AC
AC bocor atau AC netes air dapat terjadi karena instalasi AC yang salah dalam hal “kemiringan saluran pembuangan”. Sehingga air yang menetes dari unit tidak tersalurkan keluar menuju saluran pembuangan.
Atasi masalah kesalahan instalasi AC tersebut dengan cara instalasi ulang saluran pembuangan air tersebut dengan membuka chasing unit AC. Atur kembali kemiringannya agar air yang menetes bisa mengalir keluar.
Celah Tersembunyi
Jika AC Bocor atau AC netes air masih juga terjadi padahal sudah diperbaiki talang belakangnya dan sudah diganti armaflexnya.
Pada beberapa kasus yang terjadi adalah karena adanya air yang menetes  dari kondensasi dan menetes di celah celah tersembunyi dan tidak terlihat kecuali dengan menggunakan lampu senter.
Atasi masalah AC bocor atau AC netes air yang terus terjadi walauapun sudah berkali kali disservice dengan cara meneliti dengan seksama “darimana asal tetesan air tersebut, ikuti sampai ketemu sumber tetesan air tersebut”.

 Setelah diketahui sumber tetesan air tersebut maka perbaiki. Hal ini memang memerlukan keahlian khusus oleh teknisi ac yang sangat berpengalaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif