AC Tidak Mau Menyala? Kini Tak Usah Khawatir Lagi Sobat



Oke kali ini yang akan saya bahas kali ini  yaitu AC yang tidak mau menyala dan juga cara memperbaikinya yang baik dan benar.

Tetapi jika kalian belum sangat mahir untuk memperbaikinya. lebih baik saya sarankan untuk segera menghubungi jasa service ac terdekat.

Supaya nantinya ac yang anda miliki di rumah anda tidak akan mudah rusak.

Tapi mengapa aku menulisnya? Yah hanya sekedar untuk pengetahuan kalian saja iya.Oke langsung saja akan saya bahas berikut ini.

Pengertian AC

Secara umum pengertian dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut.

Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang di gunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

Adapun sebab mengapa gas refrigerant di pilih sebagai bahan yang di sirkulasikan, yaitu karena bahan ini mudah menguap dan bentuknya bisa berubah-ubah, yang berbentuk cairan dan gas. 

Panas yang berada pada pipa kondensor berasal dari gas refrigerant yang di tekan oleh kompressor sehingga bahan tersebut menjadi panas.

Dan pada bagian Automatic Expantion Valve pipa tempat sirkulasi gas refrigerant di perkecil,sehingga tekanannya semakin meningkat dan pada pipa evaporator menjadi dingin.


AC Tidak Mau Menyala? Tak Usah Khawatir Sobat

Saya akan memberikan sedikit tentang cara memperbaiki ac yang tidak mau menyala supaya nantinya dapat menyala lagi.

Berikut Penjelasanya :

Mencari penyebab AC mati total tentu bukan perkara yang mudah, apalagi kita tidak memiliki keahlian khusus di bidang tersebut. 
Namun, lain ceritanya jika Anda adalah memang seorang Praktisi Pendingin, tentu akan sangat mudah menyelesaikan pekerjaan ini.
Kerusakan AC mati total pun sebenarnya juga bukan kerusakan yang mudah di cari titik permasalahannya. 
Artinya, untuk mengatasinya diperlukan ketelitian yang luar biasa, pasalnya harus dilakukan pemeriksaan satu per satu antara komponen satu dengan yang lain.
Tentu Anda juga ingin mengetahui bagaimana cara memperbaiki AC mati total tersebut, bukan ?
Atau memang hanya ingin sekedar tahu apa penyebabnya saja, sehingga Anda akan punya gambaran sendiri tentang kenapa AC yang Anda miliki mati dan sama sekali tidak bisa dinyalakan baik menggunakan remote atau manual.
Langsung saja, berikut ini akan coba saya bagikan apa saja yang dapat mengakibatkan AC tidak bisa dinyalakan, dan juga step by step panduan cara memeriksanya.

1. MCB Listrik di Tempat Anda Turun ( Anjlok )

Hal pertama yang perlu kita periksa saat menemukan AC mati total, yakni memeriksa pada bagian panel MCB listrik-nya. Seperti yang kita ketahui, MCB memiliki peranan sebagai penghubung arus listrik antara AC dengan jalur listrik PLN.
Jika saja MCB ini dalam posisi turun ( jepret ), tentu tidak ada arus listrik yang masuk ke unit AC. Sehingga, AC pun tidak bisa dinyalakan alias mati total.
Kenapa hal ini bisa terjadi ? tentu penyebabnya ada banyak sekali, namun yang paling sering kita jumpai yakni, karena Ampere MCB terlalu kecil, atau karena daya listrik tidak dapat meng-cover untuk kebutuhan listrik secara keseluruhan.
Oleh karena itu, pastikan MCB listrik pada posisi naik, serta Ampere-nya pun cukup. Selain itu, juga pastikan daya listrik di tempat Anda mampu untuk meng-cover kebutuhan listrik secara keseluruhan, meskipun Anda sedang menyalakan AC.

2. Terdapat Kabel Power Supplay yang Putus

Langkah selanjutnya, jika tidak ada masalah di bagian MCB-nya, sekarang lanjut lakukan pemeriksaan di bagian kabel power supplay-nya. 
Pemeriksaan ini meliputi seluruh kabel yang dari PLN menuju ke unit AC, termasuk juga pada bagian stop kontak-nya, jika memang AC Anda menggunakan stop kontak.
Pastikan tidak ada kabel atau Relay yang putus, dengan cara melihatnya menggunakan Test Pen dan pastikan Arus listrik masuk dengan sempurna. dan, pastikan tegangan listrik yang masuk pun yakni 220 V.
Jika sudah Anda cek, dan di bagian tersebut sudah tidak ada masalah, sekarang mari kita lanjut periksa pada bagian yang lainnya.

3. Periksa Pada Bagan PCB Modul-nya

PCB Modul adalah komponen elektronika, yang berfungsi untuk mengkontrol kerja unit pendingin ruangan. Di dalam terdapat berbagai macam komponen, mulai dari yang kecil hingga besar.
Periksalah secara teliti, dan pastikan tidak ada satu komponen pun yang terbakar, atau tidak tercium seperti ada yang terbakar. Dalam ini memang dibutuhkan keahlian khusus, Teknisi harus benar – benar menguasai komponen-komponen elektronika.
Namun, jika Anda tidak punya keahlian di bidang ini secara khusus, Anda juga bisa meminta bantuan kepada Teknisi elektronik seperti TV dan DVD, atau intinya yang mengerti jalur – jalur PCB.
Pada intinya, AC mati total itu disebabkan oleh tidak adanya arus listrik yang mengalir ke bagian unit AC. Sehingga, AC tidak bisa dinyalakan baik menggunakan Remote atau secara manual.
Dan biasanya, penyebabnya seperti yang saya sebutkan di atas, namun juga tidak menutup kemungkinan jika ada masalah yang lain. Sehingga, untuk mengetahuinya lebih detail, diperlukan pemeriksaan secara langsung.
Untuk Anda yang kebetulan tinggal di Jakarta Selatan, Anda pun juga bisa memakai jasa dari Tim kami untuk melakukan pemeriksaan atau perbaikan AC mati total tersebut.
Nah, di atas sudah coba saya jelasnya mengenai penyebab AC mati total, semoga hal ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi tersebut.
Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, apabila ada kesalahan dalam atikel saya, saya mohon maaf yang sebesat-besarnya.
Semoga Bermanfaat. :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workshop Kewirausahaan UMKM:Meningkatkan Daya Saing dalam Bisnis

Identifikasi Varietas Padi Unggul yang Adaptif terhadap Perubahan Iklim

Peningkatan Produktivitas Bisnis yang Efektif